Minggu, 26 Desember 2010

materi pelajaran kelas 7 : PERALATAN DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


A. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
    
      Peralatan Teknologi Informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak.

1. Media Komunikasi masa Lalu
    Semenjak di temukanya alat komunikasi untuk pertama kalinya, alat komunikasi terus mengalami perkembangan. Berdasarkan rentang waktunya, peraltan komunikasi di bedakan menjadi alat komunikasi masa lalu (kuno) dan alat komunikasi modern. Berkut ini beberapa media komunikasi yang di gumakan pada masa lalu.

A. Kentungan

    Kentungan dikenal sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional. Kentungan sudah lama digunakan di Indonesia, mulai dari Denmark, Mataram, Surakarta, Yogyakarta, serta daerah lainya di Indonesia. kentungan di gunakan untuk memberi tahu warga atau masyarakat bahwa telah atau akan terjadi sesuatu. Tanda atau kode yang digunakan berbeda-beda antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Misalnya, tanda kentongan yang menandakan akan adanya bahaya banjir berbeda dengan kentongan yang digunakan sebagai tanda adanya kemalingan, kenduri, adanya perayaan, atau akan ada lawan yang menyerang.








b. Asap

    Orang-orang zaman dahulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi. Asap digunakan sebagai media komunikasi suku bangsa Indian di Amerika. Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia pada teman ataupun lawan.
    Seperti halnya kentungan, berkomunikasi menggunakan asap tidak memiliki kode yang standar (baku). Sekarang asap juga sering digunakan dalam satu permainan bermain pesan dalam kegiatan pramuka.

 

 
c. Prasasti dan Daun Lontar 

    Pada zaman yang lebih maju, orang mulai menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. kegiatan surat-menyurat di Indonesia telah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram. Walaupun pada masa itu kegiatan tersebut masih terbatas pada kegiatan surat-menyurat antar kerajaan .
    Prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga dan sebagainya. Prasasti adalah dokumen tertulis yang orisinil dari peninggalan masa lalu tersebut.
    Selain prasasti, daun lontar juga digunakan sebagai alat komunikasi masa lalu. Lontar (dari bahasa jawa: ron tal, " daun pohon tal") adalah daun pohon siwalan ( Latin palmyra atau borassus flabellier) yang dikeringkan.



2. Media Komunikasi Modern
     Seiring dengan kemajuan teknologi, media konumikasi juga mengalami perkembangan dengan cepat. Berikut beberapa media komunikasi modern.

a. Telepon

     Telepon. Tele=jauh, phone=suara. Alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan suara sinyal listrik. Sebuah perangkat yang terdiri dari enam bagian utama. Gagang, dialing circuit (DTMF tone or Rotary), bel, mikropon, speaker (perangkat untuk mendengarkan), dan kabel penghubung gagang dengan badan utama. Perangkat ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi antar jarak yang berjauhan. melalui
Telepon, yang pada awal ditemukan pada tahun 1876, diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara, dan salah satu penerapan konsep analog, juga memberikan konstribusi yang tidak sedikit terhadap perkembangan teknologi. Sampai dengan sekitar tahun 1960-an, penerapan analog ini masih tetap bertahan, hingga setelah itu, mulai mengarah kepada teknologi digital.
     
     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar