Sabtu, 08 Januari 2011

5. Monitor
    Posisi layar monitor diatur sedemikian rupa sehingga dapat meminimalisir pantulan cahaya dari lampu jendela atau sumber cahaya lainnya. Apabila tidak memungkinkan untuk mengatur posisi layar monitor, pertimbangkan untuk memasang filter di depan layar monitor. untuk kenyamanan, atur monitor agar mata kita sama tingginya dengan tepi, sekitar 5-6 cmdi bawah bagian atas casing monitor.Monitor yang terlalu rendah akan menyebabkan leher dan pundak kita nyeri.

F. Menggunakan Komputer Dengan Posisi Yang Benar

1. Pandangan Mata
     Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandangan fokus ke layar monitor, di sarankan agar monitor memeliki layar anti silau, atau memakai kaca mata berwarna.

2. Posisi Tubuh
 



Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.

 
3. Letak posisi Komputer



Bagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar kita bisa mendapatkan posisi yang cocok untuk tubuh kita seperti di gambar 1.

 
4. Penggunaan Mouse



Ketika menggunakan mouse usahakan agar pergelangan tangan berada pada posisi tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse. Usahakan agar posisinya sejajar antara pergelangan tangan dan mouse. Posisi jari tangan usahakan agar selalu lurus ketika ‘idle’.

 
5. Penggunaan Keyboard



Seperti pada penggunaan mouse, ketika menggunakan keyboard usahakan agar selalu sejajar seperti terlihat pada gambar.


6. Beristirahat 
     Beristirahatlah selama 10 menit setelah bekerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ tubuh lainnya beristirahat. 


G. Mengaktifkan Komputer Sesuai Prosedur yang Benar

1. Prosedur Mengaktifkan Komputer
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengaktifkan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows adalah sebagai berikut :

a. Pastikan semua kabel power di komputer sudah terhubung dengan jaringan listrik.
b. Hidupkan CPU dengan menekan tombol on di casing.
c. Hidupkan monitor dengan menekan tombol on di monitor.
d. Tunggu sampai prosedur booting selesai yang ditandai dengan tampilnya gambar desktop di layar monitor.

 

 H. Mematikan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar

Cara Mematikan Komputer Dengan Benar yaitu : 
Klik start > Turn off Computer > Pilih turn off atau shut down
 
Beberapa Cara Mematikan Komputer Tanpa Menggunakan Mouse :
  1. Tekan tombol power yang terdapat pada keyboard
  2. Tutup Semua Program yang ada pada taksbar, kemudian tekan alt+F4, lalu pilih turn off.atau shut down
  3. Tekan tombol start pada keyboard, kemudian pilih turn off computer, lalu pilih turn off atau shut down

I. Operasi Dasar pada Operating System
     Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
     Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

1. Pengertian dan Tujuna Operating System ( Sistem Operasi)
     Sistem Operasi dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak atau software yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer (user) dengan perangkat keras (Hardware).
tujuan dari adanya sistem operasi antara lain sebagai berikut.
  • menjalankan program-program dari user dan membantu uer dalam menggunakan komputer.
  • menyediakan sarana sehingga pemakaian komputer menjadi mudah (convenient)
  • memanfaatkan perangkat keras komputer yang terbatas secara efisien (resource manager)
2. Proses yang terjadi pada sistem Operasi
    Sistem operasi mengelola semua proses di sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran sistem.
Walau dua proses dapat dihubungkan dengan program yang sama, program tersebut dianggap dua urutan eksekusi yang berbeda. Sebagai contoh, beberapa pengguna dapat menjalankan copy yang berbeda pada mail program, atau pengguna yang sama dapat meminta banyak copy dari program editor. Tiap-tiap proses ini adakah proses yang berbeda dan walau bagian tulisan-text adalah sama, data section bervariasi. Juga adalah umum untuk memiliki proses yang menghasilkan banyak proses begitu ia bekerja.
     Pada saat sebuah komputer di nyalakan terjadi proses berikut ini.
  1. Sistem BIOS ( Basic Input Output system ) akan membaca semua periperal yang ada pada komputer kita. jika terjadi error ( kesalahan ) maka BIOS akan melaporkanya kepada kita dengan menggunakan suara-suara 'beep' yang masing-masing bunyi memiliki arti masing-masing.
  2. Jika tidak ada error maka BIOS akan melanjutkan proses dan membaca harddisk pada sector ( sector awal ) yang berisi sistem operasi terinstal pada harddisk tersebut maka BIOS akan melemparkan tugas selanjutnya kepada sistem operasi yang ada.
  3. Oleh sisem operasi, semua informasi yang dikirim oleh BIOS akan digunakan  untuk melakukan booting  selanjutnya sehingga akhirnya sistem komputer kita dapat menyala dengan benar dan dapat kita gunakan.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar