Sabtu, 15 Januari 2011

maeri pelajaran kelas 7 : Media penyimpanan data


A. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetic Storage Media)

1). Hard Disk

    Hard disk (hard drive atau fixet disk) media ini bersifat non-volatile, artinya dapat menyimpan data meskipun tidak ada aliran listrik. Selain sebagai penyimpanan data, hard disk juga berfungsi sebagai boot device. Hard disk merupakan salah satu jenis piringan magnetic yang memiliki kapasitas yang besar. Hard disk memiliki piringan metal yang dapat dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik. Kapasitas (kemampuan) Hard disk yang saat ini beredar dipasaran berkisar antara 20 GB sampai 40 GB.2). Floppy Disk Drive (Disket)

 2).Floppy disk drive 
    (disket) merupakan memory penyimpanan yang terdiri atau satu buah platter dan dilindungi oleh penutup berbentuk kotak tipis. Floppy disk drive (disket) digunakan untuk menyimpan data dari satu computer lain. Disket berisi sebuah piringan magnetic. Pembacaan dan penulisan data ke piringan magnetic dilakukan melalui head yang akan menempel kepermukaan piringan.

3). Zip Drive 
    Zip drive merupakan media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB.

4). Memory Card (Flash Memory Card)
Memory Card (Flash Memory Card) merupakan media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console.

5). USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys)
USB Flash disk (Flash drive atau USB Keys) memiliki kapasitas data yang besar, tidak gampang rusak, serta berukuran kecil hingga mudah dibawah.

B. Media Penyimpanan Optikal (Optical Disk)

1). CD (Compact Disc atau Laser Optic Disc)
    CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki libang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang dapat menyimpan data hingga 99 menit.
Contohnya.

· CD-Rom (Compact Disk read only memory) adalah jenis piringan optic yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Kapasitas sebuah CD Rom yang berukuran 4,72 inch dapat menampung hingga 640 Mb atau kira-kira 300.000 halamat text.

· CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.

· CD-RW (CD Writetable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data namun isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data yang baru.

2). DVD (Digital Video Disc / Digital Versatile Disc) 
    DVD adalah merupakan pengembangan dari CD. DVD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pada CD biasa, yaitu sekitar 4,7 – 17 GB. Kemampuan DVD dapat dilihat dari jenisnya, yaitu :

· Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB
· Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB
· Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
· Double-sided, double layer kapasitas 17 GB

C. Ciri-Ciri Penyimpanan Data

A. Media Penyimpanan Data Utama (Internal Storage) 
    Media penyimpanan utama termasuk kedalam jenis media penyimpanan elektronik dengan cirri-ciri sebagai berikut :

· Secara keseluruhan operasinya bersifat elektronik sehingga operasinya sangat cepat dan handal.
· Karena operasinya yang elektronik, data hampir bisa diakses sekaligus dari memori utama . dalam waktu kurang lebih seper juta detik suatu item data dapat dipanggil kembali.
· Kecepatan akses yang tinggi sehingga membantu cepatnya pemrosesan.

B. Media Penyimpanan Data Cadangan (External Storage) 
    Yang termasuk jenis media penyimpanan data cadangan adalah sebagai berikut :

1. Magnetik Disk (Disket Magnetis) atau lebih dikenal dengan Floppy disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang menggunakan teknologi USB.
b. Biasanya besar minimal penyimpanan datanya adalah 128 Mb.
c. Floppy disk (disket) secara permanent disegel dalam selubung plastik protektif secara tipis dan bersifat keras.
d. Data disimpan didalam track
e. Umumnya berukuran 5 ¼ inch dan 3 ½ inch.
 f. Kapasitas penyimpanannya berkisar dari 1,2 Mb – 1,44 Mb
g. Digunakan sebagai media penyimpanan data media yang akan diinput ke system pada komputer.

2. Optic Disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Menggunakan laser untuk menulis dan membaca data.
b. Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar.
c. Dapat membaca lebih cepat

D. Perawatan Media penyimpana Data 

1. Cara Merawat Media Penyimpanan Data Utama
    Untuk media penyimpanan data utama, cara perawatannya adalah :
  • Dengan cara mengatur bios agar tidak melakukan booting dari disket secara otomatis.
  • Periksa pemasangan RAM/ROM tepat pada tempatnya atau pas pada slotnya.
2. Cara Perawatan Media Penyimpanan Data Cadangan
    Untuk media penyimpanan data cadangan, cara perawatannya adalah sebagai berikut.
  • Magnetic Disk (disket magnetis) atau floppy disk (disket) cara perwatannya adalah :
  1. Menghindari disket dari debu dan meletakkannya di tempat disket.
  2. Disket sebaiknya dilindungi agar tidak terhindar dari virus.
  • Optic disk atau CD-ROM/DVD-ROM/HDDVD ROM/Bluray ROM cara perawatannya adalah :
  1. Hindarkan permukaannya dari debu
  2. Masukkan ke dalam kotak (tempatnya) jika sudah tidak digunakan lagi.
  3. Setelah beberapa waktu (periode), bersihkanlah optik pada CD-ROM atau CD Drive dengan menggunakan CD pembersih (CD-Cleaner).

 E. Tipe dan Kemampuan Media Penyimpanan Data 

a. hard disk
    Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.
hd6.jpg
     Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.  Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa.  Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.  

b. floppy disk
    Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastikpersegi atau persegi panjang. berbentuk
Cakram liuk "dibaca" dan "ditulis" menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.

C. Piringan Optik
    Piringan optik adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan atau bahkan ribuan kali dibangding disket. piringan optik dapat berupa CD atau DVD.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar