Kamis, 06 Januari 2011

B. Bagian-Bagian Perangkat Komputer yang Berbahaya
 
1. Monitor (CRT)
Monitor CRT dapat menyebabkan intensitas cahaya yang dipancarkan cukup tinggi untuk diterima oleh retina mata manusia. Oleh karena, itu bagian dari perangkat komputer ini harus memiliki layar anti silau, agar mata terhindar dari kerusakan.


2. CPU(Central Processing Unit)
Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan basah karena aliran listrik pada CPU dapat menyetrum kita.

3. Kabel Komputer
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air karena dapat menyebabkan korsleting. Korsleting ini dapat mengakibatkan hubungan pendek arus listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.

4. Keyboard
Hindarkan tertumpahnya air pada keyboard karena dapat menyebabkan keyboard hang. Karena keyboard terdiri dari seperangkat alat bermuatan listrik, keyboard yang terkena air atau materi basah dapat menimbulkan korsleting jika sedang dioperasikan dan dapat menyetrum kita.


D. Dampak Negatif Komputer terhadap Kesehatan 

     Beberapa gangguan kesehatan lainnya yang diakibatkan dari penggunaan komputer, antara lain Repetitive Stress/Strain Injury (RSI), Kelelahan Mata dan Sakit Kepala, Sakit Punggung dan Leher, dan Medan Elektromagnetik.
     Repetitive Stress/Strain Injury (RSI) adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, tangan dan leher karena otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang. Hal ini dapat menjadi semakin parah jika sang pengguna komputer tidak memperhatikan faktor ergonomic pemakaian komputer dalam jangka waktu lama.
     Kelelahan mata/Computer Vision Sindrome (CVS) dan sakit kepala. Sebenarnya ini merupakan keluhan yang paling banyak dikeluhkan para pengguna komputer, Computer Vision Sindrome (CVS) sendiri merupakan kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.
     Medan Elektromantik (EMF), sebenarnya telah marak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak pihak yang mengkhawatirkan dampak medan magnetic yang terdapat pada berbagai jenis peralatan elektronik, termasuk komputer, terhadap para penggunanya. Mulai dari ketakutan akan gangguan kelahiran yang menyebabkan bayi lahir cacat hingga gangguan yang menyebabkan kanker, pernah menjadi isu seputar dampak medan magnetic. Akan tetapi hingga saat ini belum ada yang tahu pasti mengenai kebenaran dugaan tersebut. Namun begitu, di negara-negara maju seperti Inggris, pemerintahnya telah menganjurkan agar anak-anak di bawah umur mengurangi pemakaian barang-barang yang bermedan elektronik, termasuk komputer bagi anak. Menanggapi kekhawatiran tersebut, Federal Communication Commission (FCC) sebenarnya telah membuat pengukuran khusus yang disebut Specifik Absorption Rate (SAR). SAR sendiri berfungsi untuk menyediakan data tingkat radiasi dari tiap type ponsel yang ada.
 
 E. Pengaturan Perangkat komputer

1. Tempat Kerja
     Mengatur komponen tempat kerja kita agar sesuai dengan kebutuhan merupakan faktor paling penting untuk mendapatkan kondisi kerja yang nyaman. luangkan waktu beberapa menit sebelum kamu kerja, pikirkan dan tentukan lay-out dan posisi terbaik perangkat kerjamu ( monitor, komputer, mouse, keyboard, printer, dan sebagainya) sehingga dapat dimanfaatkan secara efektif. Langkah ini akan dapat menghemat waktu dan tenagamu, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Kursi  
    Kursi merupakan salah satu komponen penting di tempat kerja. kursi yang baik akan mampu memberikan postur dan sirkulasi yang baik dan akan membantu menghindari ketidak nyamanan. Pilih kursi yang nyaman dapat dia atur, dan memiliki penyangga punggung. 

3. Keyboard  
    Sebagai perangkat input, perangkat ini mutlak di perlukan dan selalu kita pegang ketika kita bekerja dengan komputer. untuk pemakaian yang nyaman di usahakan dalam posisi sebagai berikut :
  • Posisikan keyboard agar lengan kitadalam posisi relaks dan nyaman 
  • Gunakan keyboard yang di rancang agar dapat di atur sesuai ukuran jari dan posisi lengan
4. Mouse 
    tempatkan mouse dekat dan di permukaan yang sama dengan keyboard sehingga kita dapat meraih dan menggunakannya tanpa harus meregangkan tangan ke posisi yang berbeda. Pertimbangkan untuk menggunakan scroll-point mouse, sehingga gerakan scrolling di layar dapat lebih mudah dilakukan.


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar